Rabu, 25 April 2012

Tujuh Tanda Bahaya Dalam Kehamilan



1. Ibu hamil mengalami perdarahan atau mengeluarkan bercak darah terus menerus dari jalan lahir

jika mengalami perdarahan seorang ibu hamil harus segera tirah baring agar perdarahan tidak semakin banyak.

2. Bengkak di tangan, kaki dan wajah

Memasuki masa kehamilan beberapa perubahan tubuh pada ibu hamil antara lain adalah kenaikan berat badan dan sedikit pembengkakan pada bagian tubuh seperti tangan, kaki dan wajah, hindari penggunaan pakaian yang ketat selama hamil. Ibu hamil dengan kondisi bengkak, pusing kepala, nyeri tengkuk dan ulu hati , mata berkunang kunang wajib segera memeriksakan diri ke bidan dan tenaga kesehatan terdekat.

3. Demam tinggi

Bila seorang ibu yang sedang hamil mengalami panas atau demam tinggi perlu segera di bawa kepada pelayanan kesehatan untuk mendapatkan pertolongan, ibu hamil dengan panas tinggi tidak dianjurkan untuk minum obat penurun panas tanpa ada pemeriksaan dari tenaga kesehatan. Selama mengalami demam ibu hamil harus minum air putih yang cukup agar tidak terjadi kekurangan cairan tubuh.

4. Keluar air ketuban

Bila terasa ada perembesan air ketuban atau ada cairan ketuban mengalir dari jalan lahir sebaiknya ibu hamil segera di bawa ke bidan atau dokter dan posisikan duduk atau bila air ketuban mengalir deras upayakan berbaring selama perjalanan agar tidak semakin banyak cairan yang keluar.

5. Gerakan bayi berkurang atau tidak bergerak samasekali

Bagi ibu hamil penting memantau gerak bayi dalam kandungan.Untuk merangsang gerak bayi sehari hari bisa dilakukan antara lain ibu coba berbaring miring ke satu sisi tubuh ke arah kiri dan usap perlahan perut ibu, ajak bayi berkomunikasi sambil ibu relaksasi dan menarik nafas panjang.

6. Ibu mengalami muntah terus menerus dan tidak bisa makan sama sekali

Pada kehamilan ada perubahan hormon tubuh yang berguna untuk mempertahankan pertumbuhan dan menjaga kehamilan. Namun pada beberapa ibu hamil hal ini dapat mengakibatkan muntah berlebihan bahkan hingga kesadaaran menurun akibat kekurangan cairan dan zat makanan. Keadaan ini sangat membahayakan kondisi ibu dan janin dalam kandungan.

7. Ibu mengalami cedera atau trauma pada daerah perut

Bila ibu hamil mengalami benturan pada perut atau terjatuh karena kecelakaan segera di bawa kepada petugas pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan.


Cukup sekian semoga bermamfaat bagi keluarga dalam membantu meningkatkan kewaspadaan tanda bahaya pada ibu hamil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar